Jumat, 02 Desember 2011

Membasmi Virus Copy Of ShortCut



Posting kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dengan virus komputer , virus shortcut. Jadi ceritanya pagi itu saya memformat flashdisk saya di komputer yang baru diinstall windows 7, jadi saat itu flashdisk saya benar-benar bersih dari virus. Malam harinya saya berangkat kuliah, dan saat kuliah selesai saya minta di copyin softcopy materi mata kuliah dari bapak dosen.

Paginya saat saya mau membuka flashdisk yang hanya berisi materi perkuliahan yang udah di copyin dari laptopnya bapak dosen, antivirus di komputer saya, saya pake avira yang udah up to date, komputer saya bunyi "tulit-tulit", tulisan warningnya "access to the file 'f:\autorun.inf' was blocked for your security" .....nah udah ketahuan tuh ada apanya selain materi kuliah di dalam flashdisk saya....


Langsung deh saya scan pake avira, ke detect sih, karena saya kira udah bersih habis di scan, saya buka deh flashdisknya, eeeee...masih ada virusnya, tulisanya "Copy of shortcut(1)" sampai empat buah dan folder "recycle" yang keduanya kalau di hapus otomatis muncul lagi. Sebenarnya virus ini tidak terlalu berbahaya tapi bisa bikin komputer lambat.


Berkali-kali saya coba hapus tetep muncul lagi, ga tau deh muncul dari mana, sampai-sampai saya format lagi tuh flashdisk, tapi sebelumnya saya upload dulu file mata kuliah saya ke internet. Walaupun udah di format masih tetep muncul lagi, wah....berarti komputer saya udah kemasukan virus juga....ckckckck, saya mau install ulang windowsnya tapi sayang, males nginstallin semua softwarenya...

Ga mau kalah saya ama tu virus, saya minta pencerahan sama mbah google berkali2, macam-macam antivirus saya coba, tapi ga berhasil. Sampai akhirnya saya dapet satu artikel yang waktu di praktekin berhasil nge hapus virus itu biar ga balik lagi dan mencegah virus itu mengcopy dirinya sendiri ke folder lain. Katanya virus itu memanfaatkan fitur autoplay di windows buat mengcopy dirinya sendiri ke semua folder di disk!, kejem kan ?, jadi saya pikir mungkin saya harus matiin fungsi autorun itu, nah sekarang gimana caranya ?, katanya sih di registry....

Caranya pertama saya disable dulu semua fungsi autorun di komputer saya, saya cari di regedit tapi ga ada (mungkin karena OS yang di artikel beda sama OS yang saya gunakan), akhirnya saya download setting registry di internet.

Registry buat disable autorun download disini.
Registry buat enable autorun download disini.

Saya download saja keduanya, buat menonaktifkan fungsi autoplay saya klik dua kali di file  disable_autoplay_di_windows.reg setelah itu saya pilih oke untuk menyetujui modifikasi registry yang akan menonaktifkan semua fungsi autoplay.

Selanjutnya saya coba untuk mendelete file Copy of shortcut(1) dan recycle, keduanya tidak muncul lagi seperti sebelumnya, kemudian saya scan komputer saya pake antivirus doctor web.

Tapi dari info yang saya dapat virus Copy of shortcut(1) udah bisa di deteksi oleh antivirus tapi baru cuma AVG 2011 yang baru bisa mendeteksinya.


Semoga kisah saya ini bermanfaat, selamat bermumet-mumet ria, semoga anda tidak kena virus ini juga. Silakan sedooottt.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More